Contoh Visi dan Misi Laboratorium Fisika SMA



VISI DAN MISI LABORATORIUM FISIKA SMA N 1 KERINCI

VISI :
Menjadikan Laboratorium Fisika sebagai sarana siswa dan guru dalam proses pembelajaran melalui praktikum/penelitian, untuk menghasilkan lulusan yang bermutu dan berkompeten dalam bidang pendidikan fisika.
MISI :
1.      Menciptakan suasana lingkungan laboratorium Fisika yang nyaman.
2.      Memberikan pelayanan pendidikan kepada siswa dengan mutu setinggi mungkin.
3.      Melengkapi sarana dan prasarana laboratorium Fisika secara kontinyu untuk meningkatkan layanan praktikum Fisika, baik dalam proses pembelajaran maupun penelitian.
4.      Meningkatkan layanan laboratorium sebagai pusat kegiatan penunjang akademik/praktikum, penelitian dan pengujian bidang pendidikan fisika.

ANALISIS SWOT

Read More

1.    STRENGTH / KEKUATAN
·      Ada gedung laboratorium yang memadai.
·      Ruangannya cukup besar.
·      Jumlah guru Fisika cukup.
·      Guru Fisika kompeten dengan bidang tugasnya.
·      Sudah ada tenaga yang mengelola laboratorium.

2.       WEAKNESS / KELEMAHAN
·      Belum ada ruangan untuk memisahkan antara laboratorium fisika, kimia dengan laboratorium biologi karena di sekolah ini laboratorium fisika, kimia dengan biologi masih dijadikan satu ruangan.
·      Peralatan laboratorium kurang.
·      Sarana penunjang laboratorium kurang memadai.
·      Susunan meja praktikum,serta lemari tempat alat dan bahannya belum rapi.
·      Kurangnya sumber arus listrik di laboratorium.
·      Bak cuci tidak digunakan dengan baik.
·      Alat serta jadwal kegiatan yang tidak ada
·      Pintunya hanya satu yang terbuka (tidak di gunakan keduanya)

3.       OPPORTUNITIES / PELUANG
·      Adanya dana komite serta dana operasional dari pemerintah untuk menunjang pemenuhan laboratorium sekolah.
·      Banyak dibutuhkan lulusan MIPA di bidang pendidikan Fisika
·      Lulusan MIPA bisa mengambil semua jurusan yang ada di Perguruan Tinggi.

4.         THREATS / HAMBATAN
·      Terjadi kecelakaan Saat Praktikum.
·      Siswa yang tidak kompeten terhadap bidang Fisika.
·      Guru yang tidak mengelola saat praktikum.
·      Tidak adanya label pada alat dan bahan.
·      Tidak ada demonstrasi dari guru
PERENCANAAN KERJA TAHUNAN
Adapun program laboratorium terdiri atas :
A.    Untuk Program  Rutin :
1.      Praktikum
Siswa diharapkan semuanya dapat mengikuti praktikum di laboratorium, agar mengenal,  memahami serta dapat menyimpulkan apa yang dilaksanakan dalam praktek tersebut. Seperti : mengenal bentuk/wujud barang, serta kegunaan dan manfaat dari praktikum tersebut. Melakukan suatu percobaan secara benar dan teliti sesuai dengan diktat yang sudah ada. Membuat percobaan dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memahami apa yang dipraktekkannya serta dapat membuat suatu kesimpulan.
2.      Pemeliharaan
Guru, laboran dan siswa supaya dapat memelihara keutuhan sarana dan prasarana yang ada agar situasi dan kondisi dalam proses belajar dan mengajar berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Jika terpelihara dengan baik maka seluruh peralatan praktek dapat dipergunakan semaksimal mungkin.
ü  Dapat menggunakan peralatan praktek secara hati-hati dan penuh tanggung jawab serta dapat menjaga keutuhan alat-alat tersebut.
ü  Dapat mengatur dan menyimpan peralatan secara tertib serta mudah dicari apabila menggunakannya lagi.
ü  Seluruh peralatan supaya dicatat dan diinventariskan kedalam buku inventaris laborat agar mudah dikontrol keadaannya.
3.      Pengadaan Bahan

ü  Bahan-bahan praktek diharapkan supaya selalu dalam keadaan siap pakai dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya menurut kebutuhan yang diperlukannya.
ü  Proses pengadaan barang-barang/bahan-bahan praktek supaya dikoordinasikan sebaik-baiknya agar mudah terealisasi dalam proses pengajuan/permintaan barang yang dibutuhkan apabila habis atau rusak.
ü  Diupayakan agar bahan-bahan yang dibutuhkan untuk praktek terutama barang-barang yang habis pakai supaya mempunyai stok cadangan agar setiap praktek dapat terlaksana dengan lancar.
ü  Diharapkan agar RAPBS dapat memberikan plot anggaran    untuk keperluan bahan-bahan praktek di laboratorim agar memudahkan perencanaan pengadaan bahan-bahan praktek sekaligus terciptanya administrasi yang terpadu serta mudah dalam merealisasikan pengadaan  barang.
4.      Kondisi Ruangan

ü Terciptanya kondisi ruangan  yang nyaman, bersih serta bebas polusi demi menjaga kesehatan serta suasana yang menenangkan.
ü  Untuk memenuhi serta menciptakan kondisi ruangan yang nyaman, bersih serta  bebas polusi diharapkan adanya kerjasama yang baik antara siswa, guru, dan laboran dalam penggunaan ruang baik itu untuk kegiatan lainnya.
ü  Diperlukannya petugas khusus di bidang kebersihan.
5.      Aktifitas
Penggunaan laboratorium supaya dimanfaatkan semaksimal mungkin dan ada penjadwalan yang sesuai dengan kebutuhaan praktek.
ü  Diupayakan semaksimal mungkin aktifitas praktek dilaboratorim dilaksanakan secara rutin.
ü  Pengaturan jam praktek di laboratorium supaya dijadwal agar tidak terjadi saling tabrakan diantara pembimbing praktik.
ü  Semua aktifitas praktik atau penggunaan laboratorium untuk kegiatan lain supaya diketahui oleh  guru pembimbing dan  petugas laboratorium.
B.     Untuk Program tidak rutin (Pengembangan)

1.        Pembangunan Ruangan
ü  Perencanaan pemisahaan antara laboratorium fisika, kimia,dengan biologi.
ü  Perencanaan pembangunan ruangan khusus untuk ruangan asam,ruangan gelap, ruang steril, dan ruang timbang di dalam laboratorium kimia dan biologi
ü  Pengembangan personalia
ü  Meningkatkan mutu tenaga laboran yaitu memberikan pendidikan khusus/penataran tentang laboratorium

2.        Pengembangan sarana/prasarana
ü  Untuk menghemat dana pengeluaran dana untuk membangun ruangan laboratorium maka untuk mengembangkan laboratorium fisika bisa dengan memanfaatkan ruang kosong di belakang gedung.
ü  Menambah jumlah sarana dan prasarana yang ada di laboratorium fisika seperti LCD projecto,1 set komputer atau laptop guna sebagai penunjang kegiatan pembelajaran praktikum dan pakaian laboratorium untuk kegiatan praktikum
ü  Setiap ruangan laboratorium fisika harus dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran, jumlah alat pemadam kebakaran hanya 2 buah sehingga perlu menambah sebanyak 3 alat pemadam kebakaran dan alat pelindung diri,dan Kotak P3K.
ü  Di laboratorium fisika harus ada 3 ruangan yaitu, ruang simpan, ruang persiapan, dan ruang praktikum.
ü  Di laboratorium kimia  harus ada tempat sampah yang khusus untuk membedakan limbah cair dan padat
ü  Di laboratorium kimia harus ada ruangan khusus untuk ruang asam, ruang steril, ruang gelap, dan ruang timbang
ü  Di laboratorium fisika harus disediakan sumber arus listrik yang banyak
3.    Personalia
ü  Untuk setiap pengelola atau tenaga personalia laboratorium haruslah tenaga yang sudah memenuhi standart kualfikasi setidaknya lulusan S-1 sesuai dengan bidang atau jenis laboratorium yang akan dipegangnya.
ü  Pengadaan pelatihan bagi guru-guru untuk mengetahui bagaimana cara mengelola dan menggunakan laboratorium
ü  Pengangkatan tenaga pengelola laboratorium sebagai penanggung jawab teknis laboratorium sebanyak satu orang yang bertugas bertanggung jawab atas administrasi laboratorium, bertanggung jawab atas kelancaran kegiatan laboratorium, mengusulkan kepada kepala sekolah tentang pengadaan alat dan bahan, bertanggung jawab atas kebersihan, penyimpanan, perawatan, dan perbaikan alat-alat laboratorium
ü  Yang bertugas sebagai koordinator laboratorium mempunyai tugas untuk mengkoordinasi guru-guru bidang study dalam penggunaan laboratorium, mengusulkan kepada penanggung jawab laboratorium untuk pengadaan alat dan bahan praktek
ü  Tenaga laboran harus mempunyai tugas dan fungsi yang tersurat,dan memiliki keahlian berlaboratorium misalnya di laboratorium kimia, tenaga laborannya harus ahli didalam mengelola bahan-bahan kimia, cara mengelola limbah kimia, untuk tenaga laboratorium bahasa digital harus ada teknisi untuk mengelola perelengkapan apabila terjadi kerusakan. Kemudian tenaga laboran mempunyai tugas mengerjakan tugas-tugas administrasi laboratorium, menyimpan semua alat dan bahan secara rapi sesuai dengan jenisnya, mempersiapkan dan menyimpan kembali alat dan bahan yang telah digunakan, merawat semua alat dan bahan fasilitas laboratorium, bertanggung jawab atas kebersihan alat dan ruang laboratorium beserta perlengkapan lainnya.
4.    Anggaran dana
5.    Waktu yang diperlukan

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Fisika Kesehatan - Biolistrik

Makalah Alat- Alat Ukur AC dan DC

Makalah Peningkatan Mutu Pendidikan